kamera-Button WhatsApp-Button “Pengadilan Agama Trenggalek Bersiap Menuju Gedung Baru: Kunjungan Tim Kabinet dan Mahkamah Agung RI Menguak Progres Penting"

on . Dilihat: 77

Pada hari Kamis, 20 Juni 2024, Pengadilan Agama Trenggalek menerima kunjungan yang penting dari Tim Sekretariat Kabinet Republik Indonesia,  Tim Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI, serta Bapak Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Surabaya beserta jajaran pimpinan. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka peninjauan pembangunan gedung baru Pengadilan Agama Trenggalek  Tahun 2025 yang sekarang sedang dalam tahap perencanaan.

Dalam acara ini kata sambutan pertama disampaikan  oleh Ketua Pengadilan Agama Trenggalek, yang mengungkapkan keinginan dan harapan untuk memiliki gedung baru yang lebih memadai daripada gedung lama yang sudah tidak lagi sesuai dengan kebutuhan dan standar prototipe. "Gedung baru ini sangat dinanti-nantikan sebagai jawaban atas kebutuhan akan fasilitas yang memadai dan sesuai dengan tuntutan zaman dalam penegakan hukum," ujar beliau.

Selanjutanya kata sambutan dari Tim Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, yang diwakili oleh Bapak Bambang Poerwono, S.H., LL.M., Asisten Deputi Bidang Hukum, HAM, dan Aparatur Negara. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan isi dari Surat Plt. Sekretaris MA No 2560A/SEK/RA.14/IV/2024 yang memohon izin pembukaan moratorium pembangunan gedung tahun 2024. Permohonan ini terkait dengan usulan pembangunan gedung kantor untuk Kementerian/Lembaga yang bersifat mendesak (urgent). Anggaran untuk pembangunan tersebut sudah tersedia dan telah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Kementerian Keuangan. Namun, pembangunan tersebut belum mendapatkan persetujuan dari Presiden, sehingga perlu dilakukan tinjauan lapangan terlebih dahulu untuk mengkaji urgensi dan melakukan perhitungan secara detil. Beliau juga menyebutkan bahwa Pengadilan Agama Trenggalek telah memenuhi persyaratan yang diperlukan, seperti naskah urgensi, analisis teknis dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), rencana kebutuhan barang milik negara (RKBMN), desain gedung, serta dokumentasi foto kondisi kantor dan lahan.

Kata sambutan terakhir di berikan oleh Tim Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung Republik Indonesia, yang diwakili oleh Bapak Dzul Fadli Hidayat, S.T., M.M., Kepala Bagian Rencana Program dan Anggaran MA.RI. Beliau dengan tegas menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Trenggalek telah memperoleh Izin Prinsip Pembukaan Moratorium 2024 yang sudah disetujui oleh Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN).

Pernyataan yang telah dipaparkan diatas mengindikasikan bahwa usulan pembangunan gedung kantor untuk Pengadilan Agama Trenggalek telah melewati tahap persetujuan dasar yang penting dari pihak Mahkamah Agung RI. Dengan demikian, langkah selanjutnya adalah untuk melanjutkan evaluasi lebih lanjut terkait dengan tinjauan lapangan untuk memastikan kebutuhan mendesak dan kebutuhan teknis lainnya terpenuhi secara detail.

Kehadiran Tim Sekretariat Kabinet RI dan Tim Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI diharapkan dapat memberikan dukungan serta masukan yang berharga dalam proses pembangunan gedung baru ini. Mereka turut menyatakan komitmen untuk memastikan bahwa pembangunan infrastruktur hukum di daerah dapat terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman.

 

Tautan Aplikasi

Hubungi Kami

 

Telp / Fax : 0355-791427

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

FB : @pa.trenggalek.kelas1.A

IG : @pa.trenggalek

Youtube : PA Trenggalek

Copyright © 2020 | Pengadilan Agama Trenggalek