kamera-Button WhatsApp-Button KULTUM RAMADHAN 1443 H/2022 M PA TRENGGALEK TANGGAL 26 APRIL 2022

on . Hits: 18

“ MALAM LAILATUL QODAR ”.

Trenggalek, 26 April 2022

Pada momentum Kultum kali ini Wakil Ketua Pengadilan Agama Trenggalek (Moehamad Fathnan, S.Ag.,M.H.I.) menyampaikan materi Kultum dengan tema malam Lailatul Qadar (malam kemuliaan) Allah SWT berfirman :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِلَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun Malaikat-Malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al-Qadr: 1-5).

 

Malam Lailatul Qodar adalah malam turunnya Qodar turunnya realisasi terhadap permintaan dan harapan kita harapkan. malam yang kita tunggu-tunggu akan hadir dan juga malam turunya Al-Qur’an. Moment Ramadhan merupakan peningkatan dan dilipat gandakan pahala bagi yang berpuasa dan ibadah lainnya. Orang yang berpuasa yang didasari oleh iman dan taqwa serta mohon keridhoaan Allah SWT, puasa yang kita lakukan tidak terasa lapar dan bisa mengekang hawa nafsu dengan penuh kesabaran yang dalam realitasnya sangat sulit mengekang kesabaran.