kamera-Button WhatsApp-Button KULTUM RAMADHAN 1443 H/2022 M PA TRENGGALEK TANGGAL 25 APRIL 2022

on . Hits: 17

“ BERSEGERALAH MENGHAPUS CATATAN PERBUATAN JELEK/DOSA DENGAN AMAL KEBAIKAN ”.

Trenggalek, Senin 25 April 2022

Pada momentum Kultum kali ini Ketua Pengadilan Agama Trenggalek (H. A. ZAHRI, S.H., M.H.I) menyampaikan hadits Rasulullah SAW yang berbunyi :

اتق الله حيثما كنت ، وأتبع السيئة الحسنة تمحها، وخالق الناس بخلق حسن

 

“Bertakwalah kepada Allah di manapun anda berada. Iringilah perbuatan dosa dengan amal kebaikan, karena kebaikan itu dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik” (HR. Ahmad 21354, Tirmidzi 1987, ia berkata: ‘hadits ini hasan shahih).

 

Pelajaran dari hadis ini, bahwa seorang hamba apabila terjatuh dalam dosa, hendaklah bersegera menghapusnya dari catatan amal, supaya ia terhindarkan dari segala dampak buruk yang akan timbul dari dosa yang ia lakukan. Oleh karenanya Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

وأتبع السيئة الحسنة تمحها…

“iringilah perbuatan dosa dengan amal kebaikan, karena dapat menghapusnya…”

Kalimat yang menunjukkan kesegeraan, artinya segera tutupi dosa-dosa dengan taubat dan amal saleh. Jangan menunda-menunda. Karena dosa yang mengendap lama dalam diri, akan sangat berbahaya. Dosa yang tidak segera ditaubati dikhawatirkan akan melahirkan dosa lain

Dalam Hadits terbut dijelaskan kita harus berhati-hati, waspada untuk senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT dimana saja kita berada dan kapan saja dalam menjalankan rutinitas baik yang rutin maupun tidak dan mendapatkan ridho dari Allah SWT ataupun tidak, Alloh murka atau tidak . Semua ibadah yang kita lakukan (Ibadah Mahdhah), Sholat, Puasa, Zakat, Haji hendaknya kita niatkan karena Allah SWT.