Menu
HomeTata Cara / PetunjukPersidangan dan Penyelesaian Perkara

PERSIDANGAN & PENYELESAIAN PERKARA

              PERSIDANGAN & PENYELESAIAN PERKARA
1 Persidangan dilakukan oleh Majelis Hakim
2 Pihak-pihak yang berperkara akan dipanggil oleh Jurusita untuk menghadiri sidang yang telah ditentukan.
3 Sebelum sidang terlebih dahulu mendaftar antrian sidang dengan cara memasukkan barcode yang sudah dibuatkan oleh meja informasi sesuai pendaftaran, di mesin antrian sidang.
4 Persidangan dilakukan di Ruang Sidang Pengadilan Agama Trenggalek pada hari Senin - Kamis.
5 Sidang dimulai pukul 08.30 Wib. Para pihak harus sudah hadir satu jam setelah antri dan sebelum dimulainya persidangan dan menunggu diruang tunggu sidang sampai ada panggilan dari Panitera Pengganti / Panitera Sidang.
6 Majelis Hakim memeriksa identitas Penggugat/Pemohon dan Termohon/Tergugat
7 Jika Penggugat/Pemohon dan Termohon/Tergugat hadir, maka Majelis Hakim berusaha mendamaikan, baik langsung maupun melalui proses Mediasi.
8 Majelis Hakim berusaha mendamaikan Penggugat/Pemohon dan Termohon/Tergugat dalam setiap kali sidang, namun Penggugat/Pemohon punya hak untuk menolak untuk berdamai dengan Termohon/Tergugat.
9 Penggugat/Pemohon dan Termohon/Tergugat untuk mediator yang tercantum dalam daftar yang ada di Pengadilan Agama Trenggalek.
 
  • Mediasi bisa dilakukan dalam beberapa kali persidangan.
  • Jika Mediasi menghasilkan perdamaian, maka Penggugat/Pemohon diminta untuk mencabut Gugatan.
  • Jika Mediasi tidak menghasilkan perdamaian, maka proses berlanjut ke persidangan dengan acara pembacaan surat gugatan, jawab menjawab antara Penggugat /Pemohon dan Tergugat/Termohon, pembuktian, kesimpulan, musyawarah Majelis Hakim dan Pembacaan Putusan
10 Salinan Penetapan atau Putusan dapat diminta ke Pengadilan Agama Trenggalek
11 Pengadilan Agama memberikan Akta Cerai sebagai bukti cerai selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah Putusan berkekuatan hukum tetap dalam Perkara Gugat Cerai dan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah Penetapan Ikrar Talak dalam Perkara Cerai Talak
12 Eksekusi dilaksanakan oleh Jurusita setelah ada Permohonan Eksekusi dari para pihak kepada Pengadilan Agama Trenggalek.
Go to top