KOP 2.png

Written by ADMIN IT PA.TL on . Hits: 272

 

Trenggalek, 25 Juli 2019||pa-trenggalek.go.id

Berawal dari Rencana Kegiatan yang bertujuan untuk membantu pihak pencari keadilan dalam legalitas pernikahan, Pengadilan Agama Trenggalek bekerja sama dengan Pemkab Trenggalek, dan Kantor Kemenag Trenggalek menyelenggarakan Sidang Isbat Nikah yang bertempat di Desa / Kecamatan Dongko, Kab. Trenggalek.

Sidang Itsbat Nikah dibuka oleh asisten pemerintah dan kesra mewakili Bupati Trenggalek yang sedang bertugas di luar Kota, dalam sambutannya Bupati sangat mendukung kerjasama dengan Pengadilan Agama Trenggalek dan Kepala Kemenag dalam upaya mengatasi kesulitan masyarakat yang sampai saat ini belum memperoleh status hukum berupa kutipan akta nikah dan hal sipil status kependudukan seperti KTP, KK dan Akta Kelahiran ananknya sehingga selama itu belum diperoleh maka pemerintah daerah belum bisa memberikan bantuan kepada mereka, padahal tidak sedikit masyarakat yang status kehidupan eprlu mendapatkan bantuan. Untuk tahun berikut tidak saja dilakasanakan di wilayah Kecamatan Dongko akan tetapi bisa dilaksanakan di Kecamatan lain di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek. 

Selain itu Ketua penggerak PKK dan Ketua Puspa yakni Ibu Bupati Nofita Arifin dalam sambutan menyambut baik acara itsbat nikah terpadu dapat dilaksanakan di Desa Dongko semoga acara berjalan lancar dan pasangan suami isteri yg semula nikah sirri hari ini bisa mendapatkan status hukum melalui sidang isbat oleh PA Tl dan sekaligus mendapatkan bikti perkawinan berupa buku nikah, KTP, KK dan akta kelahiran bagi anak2nya. Ibu Novita Arifin berpesan kepada bapak ibu pasangan isbat agar memberikan pengertian kepada anak2nya, keluarga dan masyarakat di sekitar agar menikah di KUA supaya tidak punya masalah seperti  kalian alami.

Sebanyak 128 pasangan turut serta dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, peserta yang rata - rata sudah lanjut usia dan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Salah satu peserta Isbat Nikah mengatakan bahwa "pernikahannya sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu, baru kali ini dapat mengesahkan pernikahan ini, selain guna tertib administrasi pencatatan pernikahan manfaat dari pengesahan ini masih banyak lagi mulai dari dapat perlindungan sosial, mengurus kartu keluarga serta bantuan pemerintah lainnya baik itu BPJS maupun BNPT" ucap salah satu peserta.

Selanjutnya, Bapak Ketua Pengadilan Agama Trenggalek menyampaikan, "dari 128 perkara, hanya 126 perkara yang berhasil di isbatkan itu karena satu perkara di cabut dan yang satu nya lagi harus di lanjutkan di PA Trenggalek karena masih diperlukan persyaratan lain sebab salah satu pihak mengalami sakit gangguan mental," ucapnya.

 Selain pelaksanaan sidang isbat nikah di saat itu juga salinan putusan di berikan kepada pasutri, agar nantinya salput tersebut dapat dipergunakan untuk pengurusan penerbitan buku nikah dari KUA dan pengurusan Kartu Keluarga dan lain - lain. (red:aan/edit:annang)

 

Sumber berita yang lain dapat di lihat di bawah ini.

Koran Jawa Pos Sabtu 27 Juli 2019| Radar Trenggalek

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Trenggalek

Jl. Dr. Soetomo No. 21 Ngantru Trenggalek

Telp: 0355-791427

Fax: 0355-791427 

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

ADMIN IT Pengadilan Agama Trenggalek @2019