WhatsApp-Button PA TRENGGALEK LUNCURKAN DUA INOVASI SEKALIGUS DALAM MENYAMBUT PENILAIAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI

on . Hits: 134

pa-trenggalek.go.id

 

Trenggalek, 9 Juni 2021

Bertempat di Ruang Tunggu Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama Trenggalek, pada Rabu 9 Juni 2021 Pengadilan Agama Trenggalek secara resmi melakukan peluncuran inovasi baru. Acara launching inovasi dihadiri oleh seluruh pimpinan dan pegawai PA Trenggalek, serta diresmikan oleh Ketua PA Trenggalek, Bapak H. A. Zahri, S.H., M.H.I. Kedua inovasi yang diluncurkan yaitu Sistem Informasi Notifikasi Perkara dengan WhatsApp atau dikenal dengan sebutan SINOPA serta inovasi Sistem Informasi Taksiran Biaya Panjar Perkara Online atau yang biasa disebut dengan SIKAYA-PAJERO.

launching sinopa pajero 00

Kedua inovasi tersebut merupakan inisiasi perubahan yang dilakukan oleh kedua peserta Diklat Kepemimpinan Pengawas (PKP) sekaligus merupakan Panitera Pengganti pada PA Trenggalek yaitu Muhammad Hamim, S.H.I. dan Trie Endah Dahlia, S.H.

Dalam pemaparannya, M. Hamim menjelaskan SINOPA merupakan sebuah sistem yang dapat mengirimkan notifikasi nomor perkara, jadwal sidang, tundaan sidang, pengingat sidang, penggunaan panjar biaya perkara hingga pengambilan akta cerai kepada pihak berperkara. Selain mengirimkan notifikasi yang bersifat satu arah, SINOPA juga dapat sebagai media customer service yang bersifat dua arah. Masyarakat dapat menanyakan perihal layanan yang ada di Pengadilan Agama Trenggalek melalui WhatsApp yang tertera, dan secara otomatis sistem dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

“Pengiriman notifikasi oleh SINOPA ini dilakukan secara real-time, jadi setelah ada pendaftaran perkara diinput di SIPP, maka SINOPA akan langsung mengirimkan notifikasi berupa nomor perkara kepada pihak yang bersangkutan. Begitupun untuk notifikasi lainnya, apabila ada update perkara pada SIPP, maka pihak akan segera mendapatkan notifikasinya. Saya harap dengan adanya SINOPA ini akan meningkatkan keterbukaan informasi publik di PA Trenggalek.”

launching sinopa pajero 01

Selaras dengan SINOPA, inovasi SIKAYA-PAJERO juga bertujuan untuk memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat khususnya mengenai biaya panjar suatu perkara. SIKAYA-PAJERO merupakan aplikasi untuk menghitung biaya panjar perkara berdasarkan perkara yang ditentukan. Masyarakat hanya perlu memasukkan identitas pemohon dan termohon disertai dengan alamat lengkap yang bersangkutan maka panjar biaya yang dibutuhkan dapat langsung diketahui.

“Keseluruhan biaya panjar perkara yang dikeluarkan pada aplikasi ini merupakan biaya yang dibutuhkan dari awal pendaftaran hingga pengambilan produk akhir, dan data pada SIKAYA-PAJERO ini 95% akurat, karena data radius dalam pemanggilan pihak pada aplikasi ini telah terintegrasi dengan aplikasi Komdanas Mahkamah Agung RI”, begitu kata Trie Endah dalam pemaparan aplikasi inovasinya ini.

launching sinopa pajero 06

Inovasi ini disambut baik oleh seluruh keluarga besar PA Trenggalek karena selain bermanfaat untuk masyarakat, inovasi ini juga bermanfaat bagi internal PA Trenggalek, seperti Loket 3 PTSP terkait pembayaran perkara dan pengambilan sisa panjar akan terbantu dengan adanya aplikasi SIKAYA-PAJERO. Kedua inovasi tersebut diapresiasi oleh Ketua PA Trenggalek dan segera akan dibuatkan SK untuk dapat segera diterapkan untuk kegiatan operasional sehari-hari.

launching sinopa pajero 04

Add comment


Security code
Refresh

Tautan Aplikasi

Hubungi Kami

 

Telp / Fax : 0355-791427

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

FB : @pa.trenggalek.kelas1b

IG : @pa.trenggalek

Youtube : PA Trenggalek

Copyright © 2020 | Pengadilan Agama Trenggalek