WhatsApp-Button PENANDATANGANAN MOU KETUA PENGADILAN AGAMA TRENGGALEK DAN KETUA PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH TRENGGALEK

on . Hits: 86

PENANDATANGANAN MOU KETUA PENGADILAN AGAMA TRENGGALEK DAN KETUA PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH TRENGGALEK

Pada hari Senin, tanggal 28 Desember 2020 sekitar pukul 13.30, bertempat di ruang  Media  Centre  Pengadilan  Agama  Trenggalek  dilakukan  penandatanganan MOU (Memorandum Of Understanding) antara Ketua Pengadilan Agama Trenggalek dengan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Trenggalek. Dalam kerjasama ini Pengadilan Agama Trenggalek sebagai Pihak Pertama memberikan kepercayaan penuh kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah Trenggalek sebagai Pihak  Kedua untuk melaksanakan kegiatan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan.

Acara penanda tanganan MOU ini disamping dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Trenggalek, juga dihadiri Panitera (Drs. H. Moh Munib, M.H.I), Sekretaris selaku Kuasa Pengguna Anggaran (Heri Fahrudin, S.H) dan Pejabat Pengadaan (Ananng Makruf, S.Kom). Dari pihak LBH Muhammadiyah, disamping Ketua PDM juga hadir Kepala LBH Muhammadiyah, Muh Irfan dan stafnya.  Acara berlangsung khidmat meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat, mengingat masih dalam wabah Covid 19.

Sebelum MOU ditandatangani kedua belah pihak, acara diawali pembacaan doa oleh Sohib Hasan, S.H Kasubbag Kepegawaian dan Ortala PA Trengalek, dilanjutkan sambutan  oleh  Ketua PA dan disusul sambutan Ketua PDM dengan dipandu pembawa acara, Silvi Ritmadhanti Ziyanna, S.E, Kasubbag Umum dan Keuangan PA Trenggalek.

Dalam sambutannya Ketua PA Trenggalek, H. A. Zahri, S.H, M.HI, menjelaskan bahwa Posbakum Pengadilan adalah layanan yang dibentuk oleh dan ada pada setiap Pengadilan tingkat pertama untuk memberikan layanan hukum berupa informasi, konsultasi, dan advis hukum, serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang Kekuasaan Kehakiman, Peradilan Umum, Peradilan Agama, dan Peradilan Tata Usaha Negara.

Beliau menambahkan bahwa pada tahun 2021 Pengadilan Agama Trenggalek mendapat anggaran Pos Bantuan Hukum pada DIPA Tahun 2021 sejumlah Rp.88.000.000,00 (delapan puluh delapan juta rupiah). Anggaran ini diperuntukkan sampai dengan 31 Desember 2021. Ada kenaikan segnifikan dibanding anggaran tahun lalu yang hanya sejumlah Rp30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah).

“Berdasar Perma Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Kurang Mampu, pelaksana Posbakum harus dilaksanakan oleh pihak ketiga yang memenuhi syarat/kualifikasi. Pihak ketiga dimaksud boleh jadi berasal dari: organisasi sipil (ormas/LSM) , kantor advokat dan perguruan tinggi yang mempunyai Lembag Bantuan Hukum (LBH),”  sambungnya.

 

Beliau mengungkapkan bahwa Pengadilan Agama Trenggalek telah mengundang  dua  LBH  untuk  mengajukan  penawaran.  Dua  penawar  yang mengajukan surat penawaran setelah diverifikasi oleh pejabat pengadaan, LBH Muhammadiyah  Trenggalek  memenuhi  semua  kualifikasi,  baik  kualifikasi administrasi maupun kualifikasi teknik.  Dengan demikian penawaran yang diajukan dapat diterima dan selanjutnya dipercaya mengemban amanah untuk melaksanakan kegiatan Posbakum di Pengadilan Agama Trenggalek.

Pada akhir sambutannya, beliau   menekankan agar Posbakum dari LBH Muhammadiyah bekerja dengan profesional, transparan dan  akuntabel sehingga dapat memberi manfaat yang besar terhadap pencari keadilan. “ Pelayanan yang dberikan, baik informasi, advis hukum, konsultasi dan pembuatan dokumen lebih baik dari penyedia Posbakum tahun sebelumnya.” Pungkasnya.

Pada bagian lain, Ketua PDM Trenggalek, Drs. Rahmat, M.M,  mengapresiasi kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh Pengadilan Agama kepada LBH Muhammadiyah.  Beliau menjelaskan bahwa LBH Muhammadiyah adalah lembaga yang relatif baru yang dimiliki oleh persyariakan Muhammadiyah Trenggalek. Dan dipercaya sebagai penyedia Posbakum hal yang lebih baru lagi.

“Meskipun layanan penyedia Posbakum merupakan hal baru bagi LBH Muhammadiyah, namun LBH Muhammadiyah akan bekerja keras dan memberi pelayanan prima kepada penerima layanan.” Ungkap Ketua PDM dengan  penuh semangat. Beliau menambahkan bahwa layanan Posbakum sejalan dengan misi Muhammadiyah, yakni membantu kaum dhuafa’ dan mutad’afin atau kaum lemah dan  terpinggirkan.  “ Kami  akan  ikut  mengawasi  pekerjaan  ini  sehingga  LBH Muhammadiyah  bekerja  sesuai  MOU  dan  aturan  hukum  yang  berkiatan  dengan Posbakum ini,” ungkapnya dengan serius.

Di akhir sambutannya, beliau berharap kerjasama ini bisa berkesinambungan dimasa-masa yang akan datang dan kedua institusi serta masyarakat luas akan menerima manfaatnya.

Acara terakhir, sesi menandatanganan MOU oleh ketua PA dan Ketua PDM dilanjut dengan penandatanganan kontrak kerja oleh sekretaris selaku Kuasa Pengguna Anggaran dan Kepala LBH Muhammadiyah selaku advokat penanggungjawab  dan  pelaksana  layanan    Posbakum. Sebelum MOU dan Kotrak Kerja ditandatangani ,   masing-masing pihak telah mempelajari draftnya dengan seksama. Usai acara penandatanganan   dilanjut peninjauan ruang Posbakaum Pengadilan Agama Trenggalek.

Add comment


Security code
Refresh

Tautan Aplikasi

Hubungi Kami

 

Telp / Fax : 0355-791427

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

FB : @pa.trenggalek.kelas1b

IG : @pa.trenggalek

Youtube : PA Trenggalek

Copyright © 2020 | Pengadilan Agama Trenggalek