WhatsApp-Button PA Trenggalek selenggarakan Upacara Bendera Peringatan HUT R.I yang ke 75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020

on . Hits: 21

PA Trenggalek selenggarakan Upacara Bendera Peringatan HUT R.I yang ke 75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020.

Senin |17-08-2020, Bertempat di Halaman Kantor PA Trenggalek tepat pukul 07.30, telah di selenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT R.I yang ke 75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Bapak Drs. H. Yazid Alfahri, S.H beliau berkesempatan membacakan sambutan Bupati Trenggalek yang isinya sebagai berikut :

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam sejahtera untuk kita semua
Yang saya hormati para undangan dan seluruh peserta upacara;  Seluruh masyarakat di pelosok Kabupaten Trenggalek yang kami banggakan.

mengawali sambutan ini, perkenankan saya mengajak semua yang hadir untuk memanjatkan puji dan syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat Nya kepada kita khususnya nikmat kesehatan, sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari yang sangat bersejarah bagi perjalanan hidup bangsa yaitu Hari Ulang Tahun ke - 75 Proklamasi Kemerdekaan Negara kita Indonesia.

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ini adalah saat yang tepat untuk kita merefleksikan diri dan mengevaluasi diri bagi sebuah perjalanan bangsa. 75 Tahun dapat di katakan sebagai usia yang cukup untuk merealisasikan cita - cita para pahlawan yang telah rela bertaruh nyawa demi sebuah kemerdekaan.

Harus diakui, masih banyak kekurangan yang dimilikibangsa ini. Kita masih sering mendengar banyaknya kritikan yang dilemparkan kepada pemimpin, cendekiawan, konglomerat juga para pemuda bangsa. Tidak sedikit yang mengkritisi rusaknya system yang sudah mengakar dan hancurnya karakter anak bangsa. Dibalik semua kritikan serta kekurangan yang dimiliki oleh bangsa ini, masih banyak hal yang dapat kita syukuri dan kita banggakan. Banyaknya institusi dan individu anak bangsa yang telah menorehkan tinta emas serta membanggakan Indonesia dalam berbagai bidang.

Namun tidak bisa kita pungkiri masih banyak yang harus diperbaiki. Masih banyak permasalahan bangsa yang harus dicarikan solusinya. Kemiskinan, ketahanan pangan, kualitas dan ekualitas pendidikan, serta adanya ancaman terhadap persatuan dan kesatuan serta berbagai permasalahan lainnya. Masih banyak rintangan yang dihadapi dalam memajukan Indonesia serta merealisasikan cita-cita Indonesia yang maju, bermartabat dan makmur.

Maka dari itu, siapapun kita, marilah kita terus berkontribusii dalam membangun Indonesia dan mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa, tentunya dengan cara-cara kita yang beragam.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Tema besar peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2020 adalah "INDONESIA MAJU". Tema kita pada tahun ini merupakan sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia. Makna kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, kemerdekaan addalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas. Sekaranglah saatnya untuk fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui koloborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saat ini kita sedang menghadapi sebuah Pandemi penyakit yang bukan hanya menimpa negara Republlik Indonesia tetapi juga seluruh dunia, yaitu Pandemi Covid 19. Pandemi ini memberikan dampak yang besar dalam melemahkan pelaksanaan pembangunan antara lain di sektor kesehatan, sektor pendidikan dan tentunya saja sangat berdampak pada sektor perekonomian. Di sektor kesehatan saat ini Kabupaten Trenggalek sedang berjuang keras untuk menangani pasien yang sudah terkonfirmasi positif sehingga angka kesembuhan bisa meningkat. Di sektor pendidikan dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar yang diterapkan oleh Pemerintah, mengharuskan anak-anak kita belajar di rumah dengan sistem daring, yang mana tidak semua keluarga mampu untuk mengakomodir pelaksanaan pendidikan dengan sistem daring tersebut. Sistem perekonomian tentu saja mengalami dampak yang paling terasa dengan adanya pandemi covid ini. Yaitu dengan adanya karantina wilayah di seluruh daerah menyebabkan perputaran roda perekonomian juga terhambat, sehingga menurunkan angka penghasilan bagi masyarakat.

Namun dalam masa Pandemi Covid ini, Kabupaten Trenggalek tetap mengukir prestasi. Dari segi akuntabilitas, pada tahun 2020 ini Kabupaten Trenggalek mencatat sejarah meraih kali keempat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan, suatu capaian yang sangat menggembirakan karena opini BPK menjadi dasar bagi pemerintah pusat dan lembaga terkait lain untuk menilai dan menentukan potensi kerjasama dan dukungan kepada suatu pemerintah kabupaten. Trenggalek juga meraih penghargaan dalam bidang Inovasi Daerah Dalam Tatanan Normal Baru pada 4 kategori yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri, yaitu Juara 1 Di sektor Restoran, Juara 1 di sektor Perhotelan, juara 1 di sektor PTSP serta Juara 3 di sektor Pariwisata. Untuk itu, mari kita laksanakan sikronisasi program yang ada pada RPJMD dengan renstra dan renja OPD serta komitmen dari seluruh perangkat daerah, demi kemajuan masyarakat Trenggalek dengan berpedoman pada Tatanan Normal Baru pada masa Pandemi Covid 19 ini.

Tentunya semua perkembangan balik ini tidak serta merta dapat kita capai tanpa ada kerjasama oleh semua pihak yang memiliki tekat untuk bangkit dalam menghadapi Pandemi yang melanda.

Pada intinya, keberhasilan pembangunan di Trenggalek adalah buah dari kerja keras, kerja amanah dan kreatif dari warga Trenggalek.

Inilah kontribusi kita dalam mengisi kemerdekaan. Inilah balasan kita kepada para pahlawan yang sudah berkorban dan berjuang demi kemerdekaan kita. Inilah wujud rasa cinta tanah air kita, dan wujud rasa syukur kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Inilah saatnya, Trenggalek benar-benar berjuang bersama masyarakatnya menjadi daerah yang terdepan dipesisir selatan Jawa Timur dan Nusantara yang mampu membawa kemakmuran bagi masyarakatnya di jalan yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Dirgahayu Republik Indonesia!

Sekian dan terima kasih,

Billaahittaufiq wal hidayah.

Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

 

Berikut susunan Petugas Upacara Bendera HUT RI ke 75 di PA Trenggalek.  

Petugas Pengibar Bendera : Aditya Yani Fahrizal, S.H, Aida Dwi Porwaningtyas. S.H.I, dan Ichlasul Amal, S.H.I.
Komendan Upacara : Annang Makruf, S.Kom
Inspektur Upacara : Drs. H. Yazid Alfahri, S.H
M.C : Silvi Ritmadhanti Ziyanna, S.E
Pembacaan Naskah UUD 1945 : Muhammad Hamim, S.H.I
Pembaca Doa : Mohammad Muchlis, S.H, M.Hes
Ajudan : Barliyan Syafaat

Add comment


Security code
Refresh

Tautan Aplikasi

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Trenggalek

Jl. Dr. Soetomo No. 21 Trenggalek

Kode Pos : 66311

Telp : 0355-791427

Fax : 0355-791427 

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

 

 

Copyright © 2020 | Pengadilan Agama Trenggalek