WhatsApp-Button PA Trenggalek gelar jalan santai di masa New Normal

on . Hits: 47

PA Trenggalek gelar jalan santai di masa New Normal

Jumat, 26 Juni 2020 | pa.trenggalek.go.id

Setelah beberapa bulan tidak di perbolehkan beraktifitas di luar rumah, di hari ini Jumat, 26 Juni 2020, seluruh aparatur PA Trenggalek menggelar olahraga jalan santai mengelilingi beberapa blok perkantoran di Kecamatan Kota Trenggalek.

Olah raga jalan santai di pilih karena selain tidak membutuhkan alat olah raga khusus, jalan santai pula tidak memerlukan arena atau ruangan khusus. Sehingga jalan santai merupakan salah satu olah raga favorit warga Trenggalek, disamping bisa mengobati rasa penat aktifitas perkantoran jalan santai juga sebagai sarana refreshing bersantai dengan alam sekitar, Adapun Jalan Santai memiliki manfat untuk Kesehatan juga yaitu sebagai berikut : 

  • Memperpanjang hidup

Jalan santai dapat memperpanjang hidup Anda.  menemukan bahwa berjalan santai dengan kecepatan normal dapat mengurangi risiko kematian sebanyak 20 persen!

  • Menjaga daya tahan tubuh

Tidak perlu khawatir dengan penyakit musiman pilek dan flu, melakukan jalan santai dapat meningkatkan sistem imun dan membantu mencegah flu dan pilek. Anda dapat melakukan jalan santai di dalam ruangan bila udara di luar dingin.

  • Membakar kalori

Menjadi kurus tidak harus melakukan olahraga yang berat, Anda bisa membakar kalori hanya dengan jalan santai! Tentunya pembakaran kalori bergantung dari kecepatan jalan dan jarak yang ditempuh. Lakukan dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

  • Menambah energi

Jalan santai mampu meningkatkan kadar oksigen dan hormon-hormon yang menambah energi dalam tubuh, seperti epinephrine, norepinephrine, dan kortisol. Jadi hindari kopi di pagi hari sebagai cara untuk mendapatkan energi pagi Anda.

  • Menurunkan kadar gula darah

Jalan santai selama 15 menit sebanyak tiga kali sehari seusai makan ditemukan mampu membantu menstabilkan kadar gula darah. Meskipun demikian, masih diperlukan riset untuk memastikan manfaat jalan santai terhadap kadar gula darah.

  • Melindungi otot jantung

Menjaga otot jantung tidaklah sulit, cukup dengan berjalan setidaknya 30 menit sehari selama lima hari dalam seminggu mampu menurunkan peluang Anda mengalami penyakit jantung koroner.

  • Membentuk otot paha

Jangan salah, jalan santai juga bisa menguatkan dan membentuk otot paha. Anda dapat berjalan santai di tempat menanjak atau rute dengan tangga untuk bisa melatih otot paha.

Akan lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan olahraga ketahanan lainnya, seperti squatlunges, dan sebagainya.

  • Meringankan nyeri sendi

Punya masalah dengan persendian? Anda bisa menerapkan jalan santai dengan jarak delapan sampai sembilan kilometer per minggunya dapat mencegah dan meringankan radang sendi. Tapi jangan lupa ukur kekuatan Anda, jika malahan terasa nyeri, segeralah beristirahat.

  • Membantu berpikir

Sedang ruwet dan butuh ide baru? Coba berjalan santai untuk membuka pikiran Anda. Peningkatan aktivitas fisik berupa berjalan mampu meningkatkan kreativitas dan membantu memunculkan ide-ide baru.

  • Meningkatkan suasana hati

Tidak hanya secara fisik, Anda juga bisa menuai manfaat jalan santai untuk psikis. Jalan santai selama 30 menit sebanyak tiga kali sehari dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan, serta meningkat kepercayaan diri.

Untuk itu walapun anjuran pemerintah untuk tetap beraktifitas di rumah saja di masa Pandemi Covid ini, kita juga harus menjaga kondisi kesehatan kita ya salah satu nya bisa dengan jalan santai ini, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu sering mencuci tangan dan menggunakan masker.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Trenggalek

Jl. Dr. Soetomo No. 21 Trenggalek

Kode Pos : 66311

Telp : 0355-791427

Fax : 0355-791427 

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

 

 

Tautan Aplikasi

Copyright © 2020 | Pengadilan Agama Trenggalek